Kalian pasti sudah pernah mendengar bahwa dunia kita mengalami revolusi industri. Nah, kalian sudah tahu belum pengertian revolusi industri? Menurut (nama:tahun) Revolusi industri adalah perubahan proses produksi dari memakai hewan kemudian manusia dan kemungkinan besar di masa depan manusia akan digantikan oleh robot. Jadi kita sebagai manusia harus bisa mengembangkan skill dan kualitas diri agar dapat mumpuni untuk mendapat pekerjaan di kala robot mulai menjadi tenaga kerja.

Apasih hal yang harus kita kembangkan ?

  1. Kemampuan Fisik

Kemampuan fisik adalah kemampuan penting yang harus dikembangkan karena di masa yang akan datang kemampuan kita akan diuji dan yang kuat akan dipekerjakan sedangkan yang lemah tidak akan dipakai. Kemampuan itu bukan hanya kemampuan semata yang bisa mengangkat barang berat seperti truk namunjuga kemapuan untuk berpikir secara logis dan kreatif serta bernalar kritis.

  • Ketahanan mental

Ketahanan mental dibutuhkan karena dimasa mendatang pekerjaan akan semakin berat karena kita akan dituntut lebih baik dari robot. Ketahanan mental juga dibutuhkan agar kita tidak gampang menyerah saat menghadapi perkara yang berat jadi kita tidak mudah frustasi.

  • Kepandaian

Kepandaian adalah hal yang paling penting karena jika kita hanya sebatas orang lain maka apa alasan orang orang kelas atas atau bos kalian agar memilih kalian, dan lagi dengan kepandaian kita mendapat banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapat misal dengan kepandaian yang kita punya kita bisa membuat meja sendiri sehinggai tidak perlu mengeluarkan uang yang lumayan besar, kemudian dengan kepandaian kita juga bisa memperbaiki mobil tanpa pergi ke bengkel serta banyak keuntungan lainnya.

Kemampuan berbahasa Inggris

  1. Pengaruh bahasa Inggris

            Bahasa Ingris sendiri telah menjadi bahasa penghubung untuk lebih dari 400 juta orang di bumi. Dalam satu hari terdapat jutaan orang yang memakai bahasa Inggris baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sosial mereka. Misalnya, dalam pekerjaan tourism guide bahasa yang selalu digunakan adalah bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan para turis asing tidak bisa menggunakan bahasa asal negara kita jadi bahasa penghubungnya yang dipakai yaitu bahasa Inggris. Selain itu, bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa internasional. Hal ini dibuktikan dalam Konverensi PBB, bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, karena bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa penghubung dari segala bahasa.

                        Jika kalian masih duduk di bangku sekolah, kalian masih memiliki waktu untuk mempelajari bahasa Inggris dengan sungguh-sungguh. Jika kalian sudah lulus sekolah atau lulus kuliah, kalian masih dapat mempelajari bahasa Inggris melalui beberapa aplikasi maupun les privat. Hal itu dikarenakan agar kalian dapat memasuki dunia kerja yang kalian inginkan dengan kemampuan yang kalian miliki.

                        Bagi yang sudah memasuki dunia kerja kalian masih tetap bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik, kemungkinan besar karir kalian dapat menanjak terus. Jika kalian ingin bekerja di perusahaan asing maka tuntutan kalian dapat berbahasa Inggris akan semakin tinggi. Karena saat kalian melakukan meeting, mengirim e-mail atau presentasi pekerjaan pasti menggunakan bahasa asing.

  • Kemampuan berbahasa Inggris di Indonesia

            Hasil riset dari suara merdeka. com menyatakan bahwa kemampuan berbahasa Inggris berkaitan dengan kemajuan dari suatu negara (riset darimana?). Budaya dalam suatu negara juga dapat berubah seiring dengan terbukanya suatu negara dalam menerima, mencari dan membagikan pengetahuan atau informasi yang kebenarannya dapat dibuktikan.

            Tidak hanya itu kemamapuan berbahasa Inggris juga memiliki keterkaitan dengan pendapatan. Menurut data bank dunia pada tahun 2017, pendapatan bersih per kapita memiliki keterkaitan dengan kemampuan bahasa Inggris dari suatu negara. Jika kemampuan bahasa Inggrisnya semakin baik maka pendapatannya akan semakin baik juga.

            Pendapatan per kapita di Indonesia pun berada di peringkat sangat rendah. Hal ini juga disumbang dari banyaknya jumlah penduduk yang ada di Indonesia.  PNB per kapita dan penetrasi internet di Indonesia mempunyai angka di bawah rata-rata global. Hal ini mengisyaratkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam peningkatan kualitas bahasa Inggris sumber daya manusianya.

            Pendekatan dan pembangunan kesadaran akan peran bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan dipakai di seluruh negara sangat dibutuhkan sebagai usaha untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Mempelajari bahasa Inggris bukan hanya sebatas mendapat nilai bagus di sekolah namun mempelajari bahasa Inggris juga menjadi modal kita atau tabungan kita untuk masa yang akan datang.

            Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris saat ini dapat dilakukan dengan berbagai cara pada masa ini belajar bahasa Inggris akan semakin mudah karena pengaruh perkembangan jaman sehingga banyak aplikasi-aplikasi,web-web dan kompetisi yang semakin meningkat di sektor pendidikan komersil sehingga harusnya pemuda jaman sekarang ini dapat meningkatkan kualitas diri masing-masing.

            Saat kalian ingin mendaftar belajar bahasa Inggris di lembaga, sebaiknya kalian cek atau perhatikan model pengajaran apakah sesuai dengan cara belajar yang ingin kalian dapatkan. Kemudian perhatikan juga alumni dari lembaga tersebut apakah mereka menjadi mampu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka di tempat tersebut. Guru yang mengajar pun juga harus memiliki kompetensi yang baik serta akreditasi yang baik pula sehingga pelajaran yang diberikan dapat diterima dengan baik dan hasil yang didapat baik juga. Cara pengajaran pun harus disesuaikan dengan pola pembelajaran siswa-siswi di Indonesia. Dengan perancangan kurikulum yang baik, maka hal ini dapat menimbulkan kecenderungan bagi generasi penerus bangsa untuk lebih menyukai pelajaran bahasa Inggris.

            Dan bagi para pemuda jaman sekarang kalian harus mengetahui cara belajar efektif kalian serta kalian juga harus tahu kelemahan kalian sehingga kalian bisa memperbaiki diri agar kalian dapat mempelajari bahasa Inggris ini dengan maksimal sehingga kalian dapat memperoleh hasil yang kalian inginkan.

  • Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris

            Sudah sejak awal kita membahas tentang pentingnya belajar dan menerapkan bahasa Inggris yang baik. Sekarang mari kita menyimak pekerjaan apa yang menerapkan kemampuan bahasa Inggris.

            Yang pertama adalah kedokteran. Kita ketahui bahwa obat-obatan memakai bahasa Inggris. Selain itu pertemuan dengan dokter dari luar negeri pasti menggunakan bahasa Inggris kemudian bahasa-bahasa dalam ilmu kedokteran banyak memakai bahasa Inggris sebagai bahasa penghubung.

            Pekerjaan yang kedua adalah programmer. Bahasa Inggris digunakan dalam dunia pemrograman, bekerja dengan aliansi global, presentasi pekerjaan. Yang ketiga adalah tourist guide. Menjadi seorang tourist guide harus mampu berbicara bahasa Inggris. Hal ini digunakan untuk menjelaskan sejarah atau cerita kepada turis asing. Dan banyak pekerjaan lain yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa penghubung.

            Jadi ayo belajar bahasa Inggris! Tidak ada ruginya jika kita belajar bahasa Inggris! Kita yang mampu sekolah, seharusnya merasa beruntung karena dapat mempelajari bahasa Inggris sejak dini.  Jika kita sudah mulai mempersiapkan diri dari sekarang, kita akan lebih siap pada saat menggunakan berbahasa Inggris.

            Ayo kita belajar bahasa Inggris karena belajar bahasa Inggris itu menyenangkan apalagi fungsinya banyak sekali. Kalian juga bisa mendapatkan banyak teman dari banyak negara jika kalian bisa berbicara maupun menulis dalam bahasa Inggris. Ayo mulai belajar bahasa Inggris karena semakin cepat kalian memulai belajar bahasa Inggris maka kalian juga akan lebih mudah untuk mendapat hal yang kalian inginkan. Ingat tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Saya generasi muda yang peduli literasi! Artikel ini ditulis sebagai bentuk serta EF Literacy Day Competition 2021: