Ngomong Inggris cas cis cus, siapa takut?

oleh | Kamis, 2 September 2021 | Berita

Wih, orang itu hebat yaNgomonge Inggris lancar kayak ga ada bebanBelajar.e gimana ya itu heran aku.”

Ah, ngomong Inggris itu susah. Kata-katanya belibetvocabnya banyak. Males hafalin.”

“Orang Indonesia kok ngomong Inggris. Apa gak lebih baik banggain bahasa sendiri? Nanti dibilang nggak nasionalis, nggak patriotik.”

Tiga situasi di atas seringkali kita dengar, atau bahkan kita temui di lingkungan sekitar kita. Paling sering, kalau kita mencoba untuk speak English di lingkungan pertemanan kita, pasti kita akan ditertawakan.

Ada yang bilang, “Apa’an sihGa usah sok Inggris napa. Lidah jawa aja sok sokan ngomong InggrisGa cocok.”

Iya apa iyaBetul apa betul? Dan tanggapan seperti inilah yang membuat kita akhirnya berpikir dua kali atau malah semakin ragu. Akhirnya membatalkan niat untuk memperlancar English speaking skill kita.

Berdasarkan data yang dihimpun dari IDN Times, Bahasa Inggris menempati urutan pertama dari sekian banyak bahasa yang digunakan di dunia internasional. Bahasa Inggris berada diurutan pertama dari jumlah 1,13 miliar penutur bahasa di dunia, lalu diikuti oleh bahasa Mandarin, bahasa Spanyol, dan bahasa Perancis. Empat bahasa yang disebutkan itu menjadi empat besar bahasa yang digunakan oleh sebagian besar penduduk bumi.

Jadi, anggapan bahwa belajar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris itu dianggap sok Inggrisgak nasionalis, atau apa lah itu adalah anggapan yang benar-benar perlu dipikirkan lagi. Mengapa seperti itu? Misalnya, suatu saat mendapat kesempatan untuk bertamasya ke luar negeri dan anda ngeyel untuk berbicara dengan bahasa Indonesia, apakah penduduk di sana akan mengerti maksud anda? Malahan, jika sikap ngeyel ini anda pertahankan, bisa bisa anda nggak betah untuk berlama lama di negeri itu.

Membahas tentang meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris, satu hal yang anda harus lakukan adalah memperkaya vocabulary atau kosakata dalam Bahasa Inggris. Ada banyak sekali cara untuk anda memperkaya kosakata dalam bahasa Inggris. Walaupun di dalam belajar bahasa Inggris ada satu aspek yang adalah Grammar atau tata bahasa, aspek ini tidak begitu diperhatikan dalam berbicara atau speaking.

Hal yang paling penting dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris adalah kedua belah pihak saling memahami konten pembicaraan yang dilakukan. Penggunaan tata bahasa yang benar memang menambah nilai plus dan respect di pihak yang diajak berkomunikasi. Akan tetapi, grammar atau tata bahasa tidak menjadi modal utama dalam berkomunikasi.

Berdasarkan paparan di atas, berikut beberapa tips untuk memperkaya vocabulary atau kosakata Bahasa Inggris anda. Bisa dicoba di rumah yaCheck this out.

  • Melihat dan mendengarkan siaran berita yang menggunakan bahasa Inggris.

Jika anda berlangganan televisi kabel, pastikan anda juga berlangganan saluran berita dalam bahasa Inggris, seperti contohnya National Geographic. Saluran berita ini menyajikan cara yang menarik untuk anda yang berusaha meningkatkan kemampuan berbicara. National Geographic sering menyampaikan fakta-fakta seputar flora dan fauna di berbagai belahan dunia, yang tentunya disajikan dalam bahasa Inggris. Di samping pengetahuan baru yang bisa didapat, anda juga bisa memperkaya vocabulary anda dari kalimat yang disampaikan penyiar media tersebut.

  • Menonton film dengan atau tanpa English subtitle

Jika anda kurang tertarik dengan channel berita, film bisa menjadi salah satu alternatif. Anda harus mencoba untuk melihat sebuah film tanpa teks terjemahan (subtitle) atau kalau terlalu berat, cobalah untuk menggunakan English subtitle. Ini akan membantu anda dalam memahami jalan cerita film yang anda tonton. Di samping itu, anda akan mendapat kosakata yang bervariasi dari film tersebut. Hal ini bisa semakin memperkaya kamus kosakata anda.

  • Mendengarkan lagu yang berbahasa Inggris

Jika anda adalah orang yang lebih cenderung mendengarkan daripada melihat, cara ini cocok untuk anda. Memiliki lagu dan penyanyi favorit juga sangat membantu anda dalam memperkaya kosakata bahasa Inggris. Bagaimana caranya? Cukup pilih satu lagu kesukaan anda, lalu coba dengarkan berulang kali kata kata yang digunakan dalam lagu tersebut.

Kemudian, tulis satu persatu kalimat dari lagu tersebut, tanpa harus melihat dari internet. Setelah selesai, anda coba mencocokkan kalimat yang anda tulis dengan informasi yang anda peroleh dari internet. Apabila masih ada kata yang salah tulis, itu hal yang wajar karena masih permulaan. Tetap mencoba.

  • Membaca cerita atau novel yang berbahasa Inggris

Apabila anda tipe orang yang suka membaca, cara ini juga bisa menjadi alternatif lain dalam meningkatkan English speaking skill Anda. Dalam sebuah cerita atau novel yang berbahasa Inggris, tentunya ada vocabulary-nya sudah kita pelajari sejak kita duduk di bangku sekolah dasar. Jadi, rasanya tidak mungkin jika kita tidak mengetahui semua arti kata yang ada di dalam novel tersebut. Ketika ada kata yang baru pertama kali ditemukan, dan kita tidak tahu artinya, barulah kita gunakan kamus untuk mencari arti kata tersebut. Kamus buku lebih disarankan, karena terjemahannya lebih baik.

  • Yang terakhir, you should getting-use to speak English (membiasakan berbicara menggunakan bahasa Inggris)

Orang menjadi bisa karena dibiasakan dari kecil. Mulailah dari lingkup paling kecil, yaitu keluarga. Pilih satu hari khusus dalam keluarga anda, di mana dalam satu hari tersebut, seluruh anggota keluarga harus mencoba berbicara menggunakan bahasa Inggris. Beri konsekuensi apabila ada yang berbicara dengan bahasa Indonesia atau bahasa lain. Hal ini akan mendorong setiap anggota keluarga untuk terus belajar memperkaya vocabulary, alias kosakata. Jika satu hari itu berhasil menambah sedikit perbendaharaan kata, tambahkan frekuensi English Speaking Day dalam satu minggu, misalnya dua hari dalam satu minggu.

Contoh lainnya. Apabila berada di luar rumah, berusahalah mencari teman atau rekan yang memiliki minat yang sama dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Hal ini juga akan menambah semangat anda untuk terus mencoba memperlancar kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk anda, khususnya untuk anda yang sedang dalam usaha memperlancar kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris. Jangan lupa, selain berusaha, haruslah diimbangi dengan doa. Semoga Tuhan memberkati setiap usaha anda.

Benedictus Dhaniar, S.Pd

Guru Bahasa Inggris SMA Katolik St. Louis 2