Studi Banding di Singapura

Berita

Puji Tuhan, pada tanggal 3-5 Mei 2025 saya diberi kesempatan oleh yayasan untuk mengikuti pembinaan di Singapore untuk mengunjungi dan diskusi dengan Marshall Cavendish Education, Republic Polytechnic dan Dunman High School serta tentunya dapat refres juga di beberapa destinasi di Singapore. Beberapa program yang dikembangkan Marshall Cavendish Education : Digital learning, AI, Personal development, Konsultasi pendidikan dan Pengembangan metode pembelajaran. Pengembangan profesional berbasis penelitian/ assesment yang komprehensif bagi para guru yang menggabungkan teori dengan praktik langsung. Hal ini memungkinkan para guru untuk menerapkan strategi yang efektif guna meningkatkan prestasi siswa mereka, sehingga guru mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk berkembang sebagai profesional, dan menjadi pendidik efektif yang menginspirasi siswanya. Integrasi AI dalam sistem pembelajaran? LMS yang terhubung dengan AI  membuat pengajaran dan pembelajaran menjadi lebih personal, efisien, dan inovatif. AI meningkatkan pengalaman belajar bagi siswa dan pada saat yang sama membekali pendidik dengan perangkat pengajaran yang canggih untuk beradaptasi dengan berbagai kebutuhan pelajar abad ke-21. AI juga memangkas pekerjaan pendidik sehingga bapak ibu guru dapat fokus dalam mengelola pembelajaran yang berkualitas dan bermakna. Terkait perubahak kurikulum Marshal lebih mengedepankan pada penguasaan metode pembelajaran pendidik dengan 5 M  (pendekatan saintifik yang terdiri dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan) sehingga menjamin pembelajaran yang berkualitas.

Kunjungan di Republic Polytechnic, saya lebih banyak mendapat informasi tentang program study dan beasiswa di politeknik tersebut. Politeknik ini memberikan penghargaan kepada mahasiswa  dengan hasil akademik yang luar biasa, kualitas kepemimpinan, dan beragam bakat.

Hari Ketiga mengunjungi Dunman High School, disambut oleh kepala sekolah beserta staf dan dilanjutkan dengan sharing dari Dunman tentang pengelolaan pembelajaran dan asrama. Dunman sebuah lembaga pendidikan yang mengembangkan 3 hal yang menonjol yakni pengelolaan pembelajaran academik yang berprestasi, pembelajaran bilingual dan biculture dan pengembangan karakter-kepemimpian. Dunman High School, memandang pengembangan karakter dan kognitif sebagai hal mendasar bagi pendidikan holistik siswa. PLDP (Personalised Digital Learning Programme ) merupakan program untuk memanfaatkan  teknologi (AI) untuk menciptakan pembelajaran yang efektif.

Tentunya saya merasa bersyukur atas kesempatan bisa mengikuti studi banding di Singapore, melihat secara langsung pembelajaran dan fasilitas pendidikan,  merasa takjub dengan kemajuan pembelajran berbasis teknologi/ AI  yang sudah dilaksanakan  singapore.

Sebuah refleksi dan tantangan besar tentunya bagaimana dapat menerapkan pengalamann ini di SMAK St. Louis 2 Surabaya, Yang tentunya jauh tertinggal dalam layanan pendidikan sekolah-sekolah di Singapore. Namun saya tidak bisa berhenti pada kekaguman melihat pembelajaran berbasis teknologi dan fasilitas yang luar biasa, justru tantangan dengan keterbatasan sumber daya di St. Louis 2, hal kecil apa yang dapat dilakukan untuk merubah dan menuju pada pembelajan menjadi berbasis teknologi.

Belajar dari hal tersebut sekolah ingin memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mengefektifkan pembelajaran dengan  mengembangkan learning manajement system  yang terhubung dengan AI. LMS berbasis noodle dengan fitur-fitur yang sederhana sehingga guru mudah untuk mengoperasikan dan melengkapi materi, pendalaman materi , penugasan.  Hal ini akan dilakukan bekerja sama dengan perguruan tinggi dan dilakukan secara bertahap. Bekerja sama dengan PT dikarenakan St. Louis 2 tidak memiliki tenaga IT/programmer untuk mengembangkan hal tersebut . Saat ini St. Louis 2 sudah mendapat sinyal positif dari Binus malang untuk mengembangkan LMS yang terhubung dengan AI. Saat ini mahasiswa sudah menyusun muck up dari program yang direncanakan.

Pembelajarana yang kedua terkait pembinaan guru-karyawan yang didasari dengan penelitian sederhana/ assesment dan data-data observasi lainnya sehingga pengembangan ptofesionalisme guru-karyawan dapat dilakukan secara efektif dan efesien. Assesmen ini menjadi penting agar pembinaan yang direncanakan secara berkelanjutan memiliki dampak pada pembelajaran guru maupun kinerjakaryawan. Berkelanjutan artinya bahwa hasil assesment ini perlu diakukan secara bertahap untuk sampai pada kompetensi guru-karyawan yang diharapkan. Dengan guru yang kompeten dan menguasai berbagai metodologi pembelajaran tentunya perubahan kurikulum tidak menghambat proses pembelajaran yang berkualitas. Pembelajaran yang berkualitas juga dapat dibangun dengan sharing pembelajaran, kolaborasi pembejaran. Berencana untuk membuat kelompok-kelompok sharing pembelajaran minimal 3 kelompok sharing dan berbagi dalam satu tahun, karena ini dapat memperkaya, menguatkan satu guru dengan guru yang lainnnya. Hal ini pernah dicoba dilakukan di sekolah 2 tahun lalu namun terhenti.

Buku pembelajaran / LKS  yang digunakan/dikembangkan , didesain lebih banyak mengeksplore pengetahuan peserta didik dan memberikan pengalaman belajar langsung pada peserta didik, melakukan praktek lab langsung. Hal ini tentunya akan membuat pengetahuan yang didapat menjadi lebih tertanam pada diri peserta didik.

Pengelolaan Asrama yang terintegrasi program sekolah, pembinaan dan keperluan pribadi  peserta didik. Artinya bahwa asrama merupakan pembelajaran lanjutan dari yang ada di sekolah (fasilitas belajar bersama, diskusi bersama), sehingga anak anak asrama menjadi lebih kompeten dan handal. Asrama juga menjadi sarana membina anak anak muda yang semakin mengenal jati dirinya, apabila dirasa perlu ya asrama memiliki program pembinaan berkelanjutan dari yang sudah dilakukan oleh sekolah. Sekaligus asrama juga dapat memenuhi kebutuhan dasar peserta didik terkait makan , cuci yang terintegrasi dengan peraturan asrama. ( jam istirahat yang singkron dengan waktu makan siang)

Secara umum ada pengembangan yang akan lebih baik dilakukan oleh yayasan sehingga sekolah sekolah di lingkungan yayasan lazaris memiliki kualitas yang sama/ optimal  dengan latar belakang yang beragam. Misal IT yayasan lebih baik memiliki tim IT yang dapat mengembangkan pembelajaran dan berbagai penelitian pengembangan SDM

Dirasa perlu SMAK Katolik St. Louis 2 untuk merumusan visi misi motto dan budaya sekolah yang mudah diimplementasikan, mudah diukur dan dievaluasi.