Kesetimbangan Kimia


Banyak reaksi kimia berlangsung reversible (bolak-balik). Reaksi reversible terjadi jika terdapat dua zat kimia bereaksi membentuk zat baru dan sebagian zat baru tersebut bereaksi membentuk zat kimia asalnya. Apabila kecepatan pembentukan zat baru menjadi sama dengan kecepatan reaksi sebaliknya maka tercapai keadaan kesetimbangan. Persamaan kesetimbangan dituliskan dengan dua anak panah berlawanan yang menunjukkan reaksi ke kanan dan ke kiri dapat terjadi.
Contoh pada persamaan reaksi: aA + bB  D cC + dD

Suatu reaksi dikatakan mengalami reaksi yang setimbang apabila kecepatan reaksi ke kiri dan ke kanan sama besar. Dikatakan kecepatan pembentukan produk dengan kecepatan kembali menjadi reaktan adalah sama besar. Apabila kesetimbangan telah tercapai bukan berarti reaksi menjadi berhenti tetapi merupakan suatu petunjuk bahwa kecepatan kedua reaksi menjadi sama.
Peranan konsentrasi di sini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap arah pergeseran kesetimbangan demikian pula dengan pengaruh yang lain seperti pengenceran dan perubahan suhu. Pengaruh ini telah diteliti oleh Le Chatelier yang mengemukakan suatu prinsip yang sangat terkenal yaitu “Setiap perubahan pada salah satu variable sistem kesetimbangan akan menggeser posisi kesetimbangan ke arah tertentu yang akan menetralkan/ meniadakan pengaruh variable yang berubah tadi”.
Dalam keadaan kesetimbangan, konsentrasi masing-masing komponen sistem tidak berubah terhadap waktu. Tujuan percobaan ini adalah untuk mengamati apa yang dilakukan oleh suatu system kesetimbangan kimia jika “pihak luar” mengubah konsentrasi salah satu atau semua komponen. Pada percobaan pengaruh konsentrasi dapat dilihat pada larutan besi. Sistem kesetimbangan yang diamati adalah yang terjadi pada pencampuran larutan besi (III) klorida dengan larutan kalium tiosianat:

Fe3+(aq)  + p 3SCN(aq) D  Fe(SCN)3(aq)

Kuning       tidak               merah

Jingga        berwarna        darah

Fe (SCN)3 berwarna merah darah. Perubahan intensitas warna menunjukkan arah pergeseran kesetimbangan. Jika karena suatu “aksi” warna larutan bertambah merah, hal ini menujukkan bahwa Fe (SCN)3 bertambah, berarti kesetimbangan bergeser ke kanan. Pada percobaan ini harus digunakan tabung reaksi yang sama ukurannya, karena intensitas warna larutan tidak hanya bergantung pada konsentrasi spesi warna tetapi juga ada ketebalan/ tinggi larutan. Perhatikan gelas yang penuh air teh. Warnanya tampak lebih tua jika dilihat dari arah samping.

Selain konsentrasi, suhu juga berpengaruh terhadap reaksi kesetimbangan. Senyawa yang dapat membentuk reaksi kesetimbangan banyak terdapat pada senyawa kompleks seperti senyawa tembaga dan kobalt. Pada percobaan ini akan digunakan senyawa tembaga (Cu). Larutan CuSO4 yang ditambahkan dengan NaCl akan membentuk senyawa kompleks [CuCl4]2− dengan adanya pemanasan. Pada saat pendinginan akan tersusun kembali bilangan koordinasi senyawa kompleks dalam suatu reaksi kesetimbangan. Masing-masing senyawa memberikan warna yang berbeda pada larutan. Berikut persamaan reaksi kesetimbangannya:

     [CuCl4]2− D [Cu (H2O)6]2+

Saat dipanaskan, teerbentuk senyawa kompleks [CuCl4]2− yang berwarna hijau, sedangkan saat didinginkan terbentuk senyawa kompleks [Cu (H2O)6]2+ yang berwarna biru.

Rahati Arniayu, S.Si

Guru Kimia SMA Katolik St. Louis 2 Surabaya

Modal Simpel yang Bermanfaat bagi Masa Depan

Kalian pasti sudah pernah mendengar bahwa dunia kita mengalami revolusi industri. Nah, kalian sudah tahu belum pengertian revolusi industri? Menurut (nama:tahun) Revolusi industri adalah perubahan proses produksi dari memakai hewan kemudian manusia dan kemungkinan besar di masa depan manusia akan digantikan oleh robot. Jadi kita sebagai manusia harus bisa mengembangkan skill dan kualitas diri agar dapat mumpuni untuk mendapat pekerjaan di kala robot mulai menjadi tenaga kerja.

Apasih hal yang harus kita kembangkan ?

  1. Kemampuan Fisik

Kemampuan fisik adalah kemampuan penting yang harus dikembangkan karena di masa yang akan datang kemampuan kita akan diuji dan yang kuat akan dipekerjakan sedangkan yang lemah tidak akan dipakai. Kemampuan itu bukan hanya kemampuan semata yang bisa mengangkat barang berat seperti truk namunjuga kemapuan untuk berpikir secara logis dan kreatif serta bernalar kritis.

  • Ketahanan mental

Ketahanan mental dibutuhkan karena dimasa mendatang pekerjaan akan semakin berat karena kita akan dituntut lebih baik dari robot. Ketahanan mental juga dibutuhkan agar kita tidak gampang menyerah saat menghadapi perkara yang berat jadi kita tidak mudah frustasi.

  • Kepandaian

Kepandaian adalah hal yang paling penting karena jika kita hanya sebatas orang lain maka apa alasan orang orang kelas atas atau bos kalian agar memilih kalian, dan lagi dengan kepandaian kita mendapat banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapat misal dengan kepandaian yang kita punya kita bisa membuat meja sendiri sehinggai tidak perlu mengeluarkan uang yang lumayan besar, kemudian dengan kepandaian kita juga bisa memperbaiki mobil tanpa pergi ke bengkel serta banyak keuntungan lainnya.

Kemampuan berbahasa Inggris

  1. Pengaruh bahasa Inggris

            Bahasa Ingris sendiri telah menjadi bahasa penghubung untuk lebih dari 400 juta orang di bumi. Dalam satu hari terdapat jutaan orang yang memakai bahasa Inggris baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sosial mereka. Misalnya, dalam pekerjaan tourism guide bahasa yang selalu digunakan adalah bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan para turis asing tidak bisa menggunakan bahasa asal negara kita jadi bahasa penghubungnya yang dipakai yaitu bahasa Inggris. Selain itu, bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa internasional. Hal ini dibuktikan dalam Konverensi PBB, bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, karena bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa penghubung dari segala bahasa.

                        Jika kalian masih duduk di bangku sekolah, kalian masih memiliki waktu untuk mempelajari bahasa Inggris dengan sungguh-sungguh. Jika kalian sudah lulus sekolah atau lulus kuliah, kalian masih dapat mempelajari bahasa Inggris melalui beberapa aplikasi maupun les privat. Hal itu dikarenakan agar kalian dapat memasuki dunia kerja yang kalian inginkan dengan kemampuan yang kalian miliki.

                        Bagi yang sudah memasuki dunia kerja kalian masih tetap bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik, kemungkinan besar karir kalian dapat menanjak terus. Jika kalian ingin bekerja di perusahaan asing maka tuntutan kalian dapat berbahasa Inggris akan semakin tinggi. Karena saat kalian melakukan meeting, mengirim e-mail atau presentasi pekerjaan pasti menggunakan bahasa asing.

  • Kemampuan berbahasa Inggris di Indonesia

            Hasil riset dari suara merdeka. com menyatakan bahwa kemampuan berbahasa Inggris berkaitan dengan kemajuan dari suatu negara (riset darimana?). Budaya dalam suatu negara juga dapat berubah seiring dengan terbukanya suatu negara dalam menerima, mencari dan membagikan pengetahuan atau informasi yang kebenarannya dapat dibuktikan.

            Tidak hanya itu kemamapuan berbahasa Inggris juga memiliki keterkaitan dengan pendapatan. Menurut data bank dunia pada tahun 2017, pendapatan bersih per kapita memiliki keterkaitan dengan kemampuan bahasa Inggris dari suatu negara. Jika kemampuan bahasa Inggrisnya semakin baik maka pendapatannya akan semakin baik juga.

            Pendapatan per kapita di Indonesia pun berada di peringkat sangat rendah. Hal ini juga disumbang dari banyaknya jumlah penduduk yang ada di Indonesia.  PNB per kapita dan penetrasi internet di Indonesia mempunyai angka di bawah rata-rata global. Hal ini mengisyaratkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam peningkatan kualitas bahasa Inggris sumber daya manusianya.

            Pendekatan dan pembangunan kesadaran akan peran bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan dipakai di seluruh negara sangat dibutuhkan sebagai usaha untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Mempelajari bahasa Inggris bukan hanya sebatas mendapat nilai bagus di sekolah namun mempelajari bahasa Inggris juga menjadi modal kita atau tabungan kita untuk masa yang akan datang.

            Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris saat ini dapat dilakukan dengan berbagai cara pada masa ini belajar bahasa Inggris akan semakin mudah karena pengaruh perkembangan jaman sehingga banyak aplikasi-aplikasi,web-web dan kompetisi yang semakin meningkat di sektor pendidikan komersil sehingga harusnya pemuda jaman sekarang ini dapat meningkatkan kualitas diri masing-masing.

            Saat kalian ingin mendaftar belajar bahasa Inggris di lembaga, sebaiknya kalian cek atau perhatikan model pengajaran apakah sesuai dengan cara belajar yang ingin kalian dapatkan. Kemudian perhatikan juga alumni dari lembaga tersebut apakah mereka menjadi mampu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka di tempat tersebut. Guru yang mengajar pun juga harus memiliki kompetensi yang baik serta akreditasi yang baik pula sehingga pelajaran yang diberikan dapat diterima dengan baik dan hasil yang didapat baik juga. Cara pengajaran pun harus disesuaikan dengan pola pembelajaran siswa-siswi di Indonesia. Dengan perancangan kurikulum yang baik, maka hal ini dapat menimbulkan kecenderungan bagi generasi penerus bangsa untuk lebih menyukai pelajaran bahasa Inggris.

            Dan bagi para pemuda jaman sekarang kalian harus mengetahui cara belajar efektif kalian serta kalian juga harus tahu kelemahan kalian sehingga kalian bisa memperbaiki diri agar kalian dapat mempelajari bahasa Inggris ini dengan maksimal sehingga kalian dapat memperoleh hasil yang kalian inginkan.

  • Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris

            Sudah sejak awal kita membahas tentang pentingnya belajar dan menerapkan bahasa Inggris yang baik. Sekarang mari kita menyimak pekerjaan apa yang menerapkan kemampuan bahasa Inggris.

            Yang pertama adalah kedokteran. Kita ketahui bahwa obat-obatan memakai bahasa Inggris. Selain itu pertemuan dengan dokter dari luar negeri pasti menggunakan bahasa Inggris kemudian bahasa-bahasa dalam ilmu kedokteran banyak memakai bahasa Inggris sebagai bahasa penghubung.

            Pekerjaan yang kedua adalah programmer. Bahasa Inggris digunakan dalam dunia pemrograman, bekerja dengan aliansi global, presentasi pekerjaan. Yang ketiga adalah tourist guide. Menjadi seorang tourist guide harus mampu berbicara bahasa Inggris. Hal ini digunakan untuk menjelaskan sejarah atau cerita kepada turis asing. Dan banyak pekerjaan lain yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa penghubung.

            Jadi ayo belajar bahasa Inggris! Tidak ada ruginya jika kita belajar bahasa Inggris! Kita yang mampu sekolah, seharusnya merasa beruntung karena dapat mempelajari bahasa Inggris sejak dini.  Jika kita sudah mulai mempersiapkan diri dari sekarang, kita akan lebih siap pada saat menggunakan berbahasa Inggris.

            Ayo kita belajar bahasa Inggris karena belajar bahasa Inggris itu menyenangkan apalagi fungsinya banyak sekali. Kalian juga bisa mendapatkan banyak teman dari banyak negara jika kalian bisa berbicara maupun menulis dalam bahasa Inggris. Ayo mulai belajar bahasa Inggris karena semakin cepat kalian memulai belajar bahasa Inggris maka kalian juga akan lebih mudah untuk mendapat hal yang kalian inginkan. Ingat tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Saya generasi muda yang peduli literasi! Artikel ini ditulis sebagai bentuk serta EF Literacy Day Competition 2021:

Vinsensius Trendsetter Karya Belas Kasih


Pengantar
            Kita sebagai Vinsensian sebetulnya hanya sebagai followers, sedangkan Santo Vinsensius adalah role model-nya. Kita hanya mengikuti apa yang dilakukan oleh Vinsensius di zamannya, karena ia sebagai trendsetter karya belas kasih di dalam Gereja. Mau tahu lebih lanjut, kita akan melihat bagaimana konteks zaman yang dialami Gereja, secara khusus Gereja Perancis. Terutama munculnya Revolusi Perancis, banyak menghantam wajah Gereja karena dianggap tidak berpihak di kalangan orang miskin yang sejalan dengan kaum revolusioner Perancis. Selain itu kita akan melihat bagaimana Gereja mencoba menyesuaikan diri dengan zamannya pasca Revolusi Perancis.
Konteks Zaman
            Sejak kekristenan diterima sebagai agama yang diakui oleh kekaisaran Romawi, Gereja sangat dekat dengan lingkaran kekuasaan/ bangsawan atau raja. Bahkan pengangkatan raja harus mendapat persetujuan dari Paus untuk mendapatkan legitimasinya. Mau tidak mau Gereja terlibat dalam lingkaran kekuasaan politis dan tidak memperhatikan kaum miskin.
Gereja Perancis juga berada pada posisi yang sama, sehingga dianggap tidak memihak orang-orang miskin. Saat terjadi Revolusi Perancis, kerajaan (karena tempat para bangsawan) dan Gereja mengalami kehancuran yang sangat dahsyat. Gereja semakin dibenci oleh masyarakat Perancis. Keberadaan Gereja dianggap sebagai pendukung kerajaan dan bangsawan yang ada di dalamnya. Gereja dihancurkan dan para imam serta biarawan-biarawati banyak yang menjadi korban revolusi.
Gereja mencoba menyesuaikan diri supaya keberadaannya diterima dalam masyarakat. Gereja Perancis perlu berterima kasih pada sosok Vinsensius karena ia dianggap sebagai trendsetter karya belas kasih yang sangat diterima oleh semua kalangan Perancis saat itu. Maka dari mulai sini banyak bermunculan serikat-serikat atau organisasi-organisasi yang mengikuti spirit atau semangat Vinsensius untuk melakukan karya belas kasih.
Belajar dari Vinsensius
Vinsensius seorang imam yang sederhana, berkat pergulatan panggilannya, dalam proses jatuh bangun mengenali panggilannya, menemukan Kristus dalam diri orang miskin. Ia mengenakan semboyan “Evangelizare pauperibus misit me” (bisa diartikan: Aku diutus mewartakan kabar baik kepada orang-orang miskin, berdasarkan Lukas 4: 18).
Dua peristiwa penting yang menjadi tonggak munculnya dua karyanya yang penting adalah peristiwa di Folleville dan Chatillon Les Dombes. Peristiwa Folleville dianggap sebagai hari berdirinya CM (Konggregasi Misi) karena saat itu, pada tanggal 25 Januari 1617 melalui kotbah Peringatan Bertobatnya Rasul Paulus, ia mengajak seluruh umat untuk mengaku dosa. Pesan ini ditanggapi oleh umat sehingga banyak umat yang mulai mengaku dosa sehingga memunculkan karya Misi Umat. Dari Misi Umat ini nantinya Vinsensius mendirikan serikat yang mampu menangani pelayanan rohani, yaitu Konggregasi Misi (CM).
Peristiwa yang kedua terjadi di Chatillon Les Dombes, Vinsensius melalui kotbahnya mengajak umat untuk mau membantu salah satu umat miskin yang sakit. Kotbahnya ditanggapi umat dengan memberikan bantuan kepada si miskin yang sakit itu dengan memberikan makanan, bahkan sampai berlimpah. Makanan yang berlimpah itupun akhirnya membusuk tak berguna karena jumlahnya yang terlalu banyak. Dari peristiwa ini Vinsensius merenungkan bahwa bukan tidak ada orang baik yang mau membantu, tetapi tidak ada yang mengorganisasi bantuan tersebut. Peristiwa ini yang membuat Vinsensius akhirnya mendirikan Persaudaran Kasih, yang menjadi cikal bakal berdirinya serikat Puteri Kasih (PK) sebagai serikat yang mampu menangani pelayanan jasmani.
Vinsensius dianggap sebagai pembaharu wajah Gereja karena berani menampilkan karya yang tidak familiar di zamannya. Misalnya, para suster yang didirikannya harus berani ke luar biara untuk pelayanan. Karena pada saat itu, yang namanya biarawati hanya tinggal di gedung biara tanpa boleh ada yang keluar. Yang kedua, ia mengajar calon imam dan awam untuk lebih mengenal karya pelayanan pastoral. Karena pada saat itu, para imam tidak selalu memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidang teologi dan pastoral, apalagi kaum awam.
Pasca Revolusi Perancis
Pasca Revolusi Perancis, banyak kalangan Gereja yang mengikuti spirit Vinsensius karena dorongan semangat Gereja menyesuaikan dengan zaman. Kalau Gereja tidak mempedulikan keberadaan orang miskin, maka Gereja tidak akan bertahan di Perancis sampai saat ini. Mau tak mau Gereja mengenakan karya belas kasih ini sebagai bentuk pertobatan Gereja akan kondisi masyarakat saat itu. Sekaligus ingin menghapus jejaknya yang identik dengan kekuasaan dan kerajaan.
Perjuangan ini tidak mudah karena Gereja harus merevolusi dirinya sendiri, dan mengenakan spirit seperti yang Kristus ajarkan sendiri, mau melayani terutama kepada mereka yang miskin dan terlantar.
Menjadi Vinsensian zaman sekarang
Kata Vinsensian sering kita dengar dan kita pun bisa menjadi vinsensian. Vinsensian berarti menjadi followers atau pengikut dari Vinsensius. Apakah kita bisa? Tentu bisa, sesuai dengan konteks zaman kita. Masa pandemi ini, banyak orang yang mulai kehilangan pekerjaan, kesulitan mendapatkan penghasilan dan kehilangan keluarga karena terjangkit virus Corona ini. Keadaan seperti ini mengajak kita lebih peka terhadap situasi di sekitar kita, memberikan apa yang kita mampu berikan menjadi bukti bahwa kita peduli kepada sesama. Karena menjadi Vinsensian adalah menjadi pribadi yang peduli. Ayo, berlomba-lomba membantu yang membutuhkan bukan untuk menunjukkan diri kita, tetapi menjadi kepanjangan tangan Tuhan bagi sesama. Salam Vinsensian!
 
Cahya Sasangka, S.S
Guru Agama Katolik SMA Katolik St. Louis 2

Mengapa Bahas Inggris Sangat Penting?


Halo, para pembaca yang budiman, nama saya Patricia Petronela.Saat ini saya adalah pengajar aktif di SMA Katolik St. Louis 2 untuk Mapel Bahasa Inggris.
Kali ini saya akan menuliskan tentang perlunya belajar bahasa Inggris. Mengapa perlu belajar Bahasa Inggris? Karena Bahasa Inggris adalah kunci dunia. Apa saja yang bisa kita lakukan dengan Bahasa Inggris. Ibarat sebuah kotak pandora, sekali anda memahami pentingnya belajar bahasa Inggris dan mulai mempelajarinya, anda akan membuka sebuah dunia baru yang sangat kaya dengan pengetahuan, keindahan, keberagaman, perbedaan, dan banyak hal yang lain.

Saya akan membahas secara khusus mengapa dengan belajar Bahasa Inggris kita akan membuka kunci dunia.
1.      Membuka pengetahuan tentang teknologi
Secara umum kita paham bahwa teknologi menjadi bagian dalam kehidupan kita. Cara menggunakan alat, cara memperbaiki, efektivitas kerja alat, feature atau kelebihan kelebihan alat, akan mudah kita pahami apabila kita mahir menggunakan Bahasa Inggris. Karena teknologi semakin maju, memahami bahasa Inggris akan mempbuat kita dapat melakukan adjustment atau penyesuaian tehadap perkembangan teknologi dengan cepat, adaptif, dan applicable.

2.      Memberi peluang terpilih dalam dunia kerja
Sudah jelas bahwa dalam dunia kerja, pemilik kerja akan menjatuhkan pilihan kepada orang orang yang memiliki kompetensi Bahasa Inggris, karena sangat menunjang pengembangan potensi relasi perusahaan dengan dunia internasional.

3.      Memiliki kompetensi yang membuat kita bisa berkompetensi secara global.
Kita dapat menyampaikan maksud, kemampuan, mempersiapkan organisasi pemikiran ide kita dengan baik, memaksimalkan kreativitas kita dan akhirnya mampu bersaing dengan negara lain dengan penuh percaya diri.

4.      Memahami materi belajar dengan lebih baik.
Dengan memiliki kemampuan berbahasa yang baik, materi belajar berupa literasi digital dapat terkuasai dengan baik, mampu melakukan analisis, mampu membuat kerangka pikir, sehingga akan membuat pemahaman materi lebih baik, dan ilmu yang dibuuhkan dapat terkuasai tanpa kesulitan yang berarti.

5.      Mampu mempresentasikan karya secara internasional.
Suatu prestasi internasional, akan dapat dicapai apabila kita memiliki kemampuan mempresentasikan kita, menyusun ide kita, menyampaikan detail kita secara jelas.

6.      Memiliki kemampuan mempengaruhi mindset orang lain dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Ide, pemikiran, arah tujuan dapat diekspersikan dengan baik karena menguasai bahasanya.
Jadi, apabila anda memahami penjelasan di atas, anda akan sangat setuju bahwa essensi menguasai Bahasa Inggris dengan baik akan sangat menguntungkan. Jadi tunggu apalagi, yuk, belajar bergabung bersama kami. Belajar Bahasa Inggris sangat berguna. Terima kasih dan sekian artikel dari saya.
 

Patricia Petronela S, S.Pd
Guru Bahasa Ingris SMA Katolik St. Louis 2

E-money, dulu dihindari sekarang dicari

Hallo semua, siapa sih yang tidak kenal Gopay, OVO, LinkAja, Dana, Shoppe Pay, Isaku dan masih banyak lagi. Nama-nama tersebut adalah beberapa contoh aplikasi pembayaran elektronik yang ada di Indonesia. Pembayaran Elektronik yang awalnya dihindari sekarang sudah menjadi sahabat dalam setiap transaksi keuangan kita sehari-hari. Beli makanan, belanja kebutuhan di supermarket, beli online, beli pulsa dan masih banyak lagi kita tinggal bayar menggunakan E-money (uang elektronik), dengan catatan saldonya mencukupi ya.

Kita tidak perlu bawa uang tunai dalam jumlah besar di dompet, apalagi di masa pandemi sekarang ini, kita diminta cash less untuk mengurangi penggunaan uang tunai supaya penyebaran virus corona bisa berkurang. Cukup membawa smartphone (HP) yang terhubung jaringan internet, maka semua transaksi beres.

Transaksi nontunai juga didukung dengan berubahnya pola hidup masyarakat modern saat ini. Berkembangnya sistem perekonomian nasional ke perekonomian global, membuat masyarakat masa kini cenderung tertarik dengan model transaksi e-commerce. Transaksi e-commerce tidak mengharuskan antara penjual dan pembeli untuk bertemu. Perkembangan ini semakin memudahkan orang maupun perusahaan untuk melakukan berbagai macam transaksi bisnis khususnya perdagangan.

Pembayaran elektronik itu, apa sih sebenarnya? Apa bedanya dengan E-money? Mungkin masih ada beberapa orang yang masih bertanya-tanya kenapa kita bisa bayar menggunakan HP? Masyarakat modern atau generasi Z akan lebih mudah paham dibandingkan dengan generasi orangtua kita. Nah supaya bisa membedakan kita bahas bersama yuk

Pembayaran elektronik adalah jenis pembayaran nontunai dengan tidak menggunakan uang kartal (uang kertas dan logam) dalam setiap transaksi pembayaran. Pembayaran elektronik terdiri atas beberapa jenis:

  1. Pembayaran dengan menggunakan Kartu

Kartu ini dikeluarkan oleh bank dimana kita memiliki rekening di bank tersebut. Kartu ada 2 jenis yaitu:

  1. Kartu kredit

Merupakan kartu yang dikeluarkan oleh bank sebagai alat pembayaran nontunai yang menggunakan mekanisme hutang.

  • Kartu debit

Berbeda dengan kartu kredit, kartu debit adalah alat pembayaran nontunai yang berbasis saldo milik nasabah. Kartu ini diterbitkan oleh pihak bank tempat nasabah menabung rekeningnya. Tergantung jenisnya, biasanya kartu debit memiliki batas atau limit tertentu dalam setiap transaksinya.

  • E-Money (uang elektronik)

adalah uang yang disimpan dalam sistem perbankan dan digunakan untuk kegiatan transaksi elektronik.

Uang elektronik terbagi menjadi dua jenis. Pertama, uang elektronik berbasis cip. Uang elektronik jenis ini umumnya berbentuk kartu, seperti e-Money, Flazz, dan Brizzi. Jenis kedua, uang elektronik berbasis server. Uang elektronik jenis ini biasanya berbentuk aplikasi seperti Go-Pay, OVO, Shoppe Pay, Dana dan LinkAja.

Kelebihan yang kita dapatkan saat menggunakan uang elektronik ini salah satunya adalah transaksi lebih mudah. Uang elektronik menjadi salah satu alat pembayaran nontunai yang digunakan dalam transaksi melalui internet.

Fasilitas yang dapat diberikan oleh penerbit jenis uang elektronik registered adalah berupa:

a. pengisian ulang (top up)

b. pembayaran transaksi

c. pembayaran tagihan

d. transfer dana

e. tarik tunai

Setiap produk yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga keuangan pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga dengan uang elektronik dan uang virtual memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan uang elektronik:

  1. Lebih praktis, cepat, fleksibel, dan nyaman dibandingkan dengan uang tunai.
  2. Media yang digunakan tidak memerlukan tempat seperti uang tunai karena berbentuk kartu atau ponsel yang gampang dibawa kemana-mana.
  3. Tidak memerlukan tanda tangan atau PIN dalam transaksi sehingga tidak membutuhkan waktu lama.
  4. Tidak membutuhkan uang kembalian dalam bentuk uang recehan, karena setiap transaksi akan langsung terpotong pada uang elektronik.
  5. Saldo maksimal dibatasi hanya sampai Rp 5 juta, ini bisa memperkecil risiko ketika uang elektronik hilang atau dicuri sehingga batas maksimal kerugian adalah Rp 5 juta.

Kekurangan uang elektronik

yakni ketika kartu atau ponsel uang elektronik hilang atau dicuri orang maka otomatis uang elektronik tidak bisa diselamatkan nominalnya. Sebabnya dana sepenuhnya dalam kuasa pemegang uang elektronik kemudian tidak ada otorisasi online atau PIN. Selain itu, tidak bisa digunakan disemua tempat transaksi keuangan seperti halnya uang tunai, karena hanya bisa digunakan pada merchantmerchant yang sudah bekerjasama dengan penerbit uang elekronik dan biasanya banyak tersedia dikota-kota besar

Nah kalian lebih tertarik menggunakan sistem pembayaran yang mana nih?? Pilih pakai kartu tinggal gesek saja/ pilih pakai E-money tinggal klik saja?? Semoga dengan adanya Pembayaran elektronik memudahkan kita dalam bertransaksi ya, tapi ingat jangan mudah tergiur dengan kemudahannya. Kita bisa jadi konsumen yang konsumtif lhooo ya….

Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian semua ya…. Terima Kasih.

Novy Anjarwati, S.Pd

Guru Ekonomi SMA Katolik St. Louis 2

Ngomong Inggris cas cis cus, siapa takut?

Wih, orang itu hebat ya. Ngomonge Inggris lancar kayak ga ada beban. Belajar.e gimana ya itu heran aku.”

Ah, ngomong Inggris itu susah. Kata-katanya belibet, vocabnya banyak. Males hafalin.”

“Orang Indonesia kok ngomong Inggris. Apa gak lebih baik banggain bahasa sendiri? Nanti dibilang nggak nasionalis, nggak patriotik.”

Tiga situasi di atas seringkali kita dengar, atau bahkan kita temui di lingkungan sekitar kita. Paling sering, kalau kita mencoba untuk speak English di lingkungan pertemanan kita, pasti kita akan ditertawakan.

Ada yang bilang, “Apa’an sih. Ga usah sok Inggris napa. Lidah jawa aja sok sokan ngomong Inggris. Ga cocok.”

Iya apa iya? Betul apa betul? Dan tanggapan seperti inilah yang membuat kita akhirnya berpikir dua kali atau malah semakin ragu. Akhirnya membatalkan niat untuk memperlancar English speaking skill kita.

Berdasarkan data yang dihimpun dari IDN Times, Bahasa Inggris menempati urutan pertama dari sekian banyak bahasa yang digunakan di dunia internasional. Bahasa Inggris berada diurutan pertama dari jumlah 1,13 miliar penutur bahasa di dunia, lalu diikuti oleh bahasa Mandarin, bahasa Spanyol, dan bahasa Perancis. Empat bahasa yang disebutkan itu menjadi empat besar bahasa yang digunakan oleh sebagian besar penduduk bumi.

Jadi, anggapan bahwa belajar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris itu dianggap sok Inggris, gak nasionalis, atau apa lah itu adalah anggapan yang benar-benar perlu dipikirkan lagi. Mengapa seperti itu? Misalnya, suatu saat mendapat kesempatan untuk bertamasya ke luar negeri dan anda ngeyel untuk berbicara dengan bahasa Indonesia, apakah penduduk di sana akan mengerti maksud anda? Malahan, jika sikap ngeyel ini anda pertahankan, bisa bisa anda nggak betah untuk berlama lama di negeri itu.

Membahas tentang meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris, satu hal yang anda harus lakukan adalah memperkaya vocabulary atau kosakata dalam Bahasa Inggris. Ada banyak sekali cara untuk anda memperkaya kosakata dalam bahasa Inggris. Walaupun di dalam belajar bahasa Inggris ada satu aspek yang adalah Grammar atau tata bahasa, aspek ini tidak begitu diperhatikan dalam berbicara atau speaking.

Hal yang paling penting dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris adalah kedua belah pihak saling memahami konten pembicaraan yang dilakukan. Penggunaan tata bahasa yang benar memang menambah nilai plus dan respect di pihak yang diajak berkomunikasi. Akan tetapi, grammar atau tata bahasa tidak menjadi modal utama dalam berkomunikasi.

Berdasarkan paparan di atas, berikut beberapa tips untuk memperkaya vocabulary atau kosakata Bahasa Inggris anda. Bisa dicoba di rumah ya. Check this out.

  • Melihat dan mendengarkan siaran berita yang menggunakan bahasa Inggris.

Jika anda berlangganan televisi kabel, pastikan anda juga berlangganan saluran berita dalam bahasa Inggris, seperti contohnya National Geographic. Saluran berita ini menyajikan cara yang menarik untuk anda yang berusaha meningkatkan kemampuan berbicara. National Geographic sering menyampaikan fakta-fakta seputar flora dan fauna di berbagai belahan dunia, yang tentunya disajikan dalam bahasa Inggris. Di samping pengetahuan baru yang bisa didapat, anda juga bisa memperkaya vocabulary anda dari kalimat yang disampaikan penyiar media tersebut.

  • Menonton film dengan atau tanpa English subtitle

Jika anda kurang tertarik dengan channel berita, film bisa menjadi salah satu alternatif. Anda harus mencoba untuk melihat sebuah film tanpa teks terjemahan (subtitle) atau kalau terlalu berat, cobalah untuk menggunakan English subtitle. Ini akan membantu anda dalam memahami jalan cerita film yang anda tonton. Di samping itu, anda akan mendapat kosakata yang bervariasi dari film tersebut. Hal ini bisa semakin memperkaya kamus kosakata anda.

  • Mendengarkan lagu yang berbahasa Inggris

Jika anda adalah orang yang lebih cenderung mendengarkan daripada melihat, cara ini cocok untuk anda. Memiliki lagu dan penyanyi favorit juga sangat membantu anda dalam memperkaya kosakata bahasa Inggris. Bagaimana caranya? Cukup pilih satu lagu kesukaan anda, lalu coba dengarkan berulang kali kata kata yang digunakan dalam lagu tersebut.

Kemudian, tulis satu persatu kalimat dari lagu tersebut, tanpa harus melihat dari internet. Setelah selesai, anda coba mencocokkan kalimat yang anda tulis dengan informasi yang anda peroleh dari internet. Apabila masih ada kata yang salah tulis, itu hal yang wajar karena masih permulaan. Tetap mencoba.

  • Membaca cerita atau novel yang berbahasa Inggris

Apabila anda tipe orang yang suka membaca, cara ini juga bisa menjadi alternatif lain dalam meningkatkan English speaking skill Anda. Dalam sebuah cerita atau novel yang berbahasa Inggris, tentunya ada vocabulary-nya sudah kita pelajari sejak kita duduk di bangku sekolah dasar. Jadi, rasanya tidak mungkin jika kita tidak mengetahui semua arti kata yang ada di dalam novel tersebut. Ketika ada kata yang baru pertama kali ditemukan, dan kita tidak tahu artinya, barulah kita gunakan kamus untuk mencari arti kata tersebut. Kamus buku lebih disarankan, karena terjemahannya lebih baik.

  • Yang terakhir, you should getting-use to speak English (membiasakan berbicara menggunakan bahasa Inggris)

Orang menjadi bisa karena dibiasakan dari kecil. Mulailah dari lingkup paling kecil, yaitu keluarga. Pilih satu hari khusus dalam keluarga anda, di mana dalam satu hari tersebut, seluruh anggota keluarga harus mencoba berbicara menggunakan bahasa Inggris. Beri konsekuensi apabila ada yang berbicara dengan bahasa Indonesia atau bahasa lain. Hal ini akan mendorong setiap anggota keluarga untuk terus belajar memperkaya vocabulary, alias kosakata. Jika satu hari itu berhasil menambah sedikit perbendaharaan kata, tambahkan frekuensi English Speaking Day dalam satu minggu, misalnya dua hari dalam satu minggu.

Contoh lainnya. Apabila berada di luar rumah, berusahalah mencari teman atau rekan yang memiliki minat yang sama dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Hal ini juga akan menambah semangat anda untuk terus mencoba memperlancar kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk anda, khususnya untuk anda yang sedang dalam usaha memperlancar kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris. Jangan lupa, selain berusaha, haruslah diimbangi dengan doa. Semoga Tuhan memberkati setiap usaha anda.

Benedictus Dhaniar, S.Pd

Guru Bahasa Inggris SMA Katolik St. Louis 2

Berbagi Nilai Kehidupan dari Sebuah Novel


“Apa sih manfaatnya baca novel, Buk? Toh ceritanya kan khayalan semata.” kata Bapak yang duduk di depan saya.
Begitulah penilaian masyarakat Indonesia tentang novel. Novel masih dianggap tidak mempunyai manfaat yang berguna bagi kehidupan. Hal ini terjadi karena anggapan dalam sebagian besar masyarakat cerita di dalam novel merupakan khayalan pengarang semata. Hanya berbicara masalah percintaan. Nah, agar tidak salah kaprah, sebaiknya kita simak pemaparan singkat mengenai novel. Dalam artikel ini hanya membahas tentang novel karya anak bangsa yang tidak kalah dengan novel terjemahan.
Novel merupakan salah satu genre sastra yang berkembang pesat. Novel termasuk produk intelektual yang pantas diperhitungkan dalam perjalanan budaya bangsa Indonesia. Hal ini terbukti dari karya-karya Pramudya Ananta Toer, Umar Kayam, Ahmad Tohari, Putu Wijaya dan masih banyak lagi, Karya-karya mereka berkisah mengenai perjalanan Panjang bangsa Indonesia dari masa penjajahan sampai orde baru bahkan sampai masa saat ini.
Novel muncul membawa idealisme dan gambaran fenomena kehidupan manusia. Setiap pengarang mempunyai cara unik dalam menyampaikan pesan dalam alur cerita. Lingkungan sosial budaya dan agama pengarang juga sangat mempengaruhi isi novel yang ditelurkan. Dari hal tersebut, tak jarang novel juga disebut cerminan kehidupan masyarakat.
Dalam dunia sastra novel dikategorikan menjadi novel serius dan novel popular/ novel pop. Novel populer atau novel pop, mulai merebak sesudah suksesnya novel Karmila dan Cintaku pada tahun 70-an. Sesudah itu setiap novel hiburan, tidak peduli mutunya, disebut juga sebagai “novel pop”.  Novel populer adalah novel populer pada masanya, banyak penggemarnya, khususnya pembaca di kalangan remaja. Contoh novel popular adalah Dealova, Lupus, Dilan, 5 cm dan lain sebagainya.
Berbeda dengan Novel serius, yang mengajak pembaca untuk menafsirkan dengan intelektualnya. Sastra serius, walau juga bersifat inovatif dan eksperimental, tidak akan menjelajah sesuatu yang sudah mirip dengan “main-main” (Kayam, 1981: 85-7).  Selain kemauan, pembaca benar-benar diajak berpikir dengan daya konsentrasi tinggi ketika membaca novel jenis ini. Mengajak pembacanya untuk meresapi dan merenungkan secara lebih sungguh-sungguh tentang permasalahan yang dikemukakan. Contoh novel serius adalah Bumi Manusia, Belenggu, Para Priyayi, Rumah Kaca, Anak Bajang Menggiring Angin dan lain sebagainya.
Akan tetapi, walau berbeda satu sama lain kedua jenis novel tersebut baik serius ataupun popular mampu memberikan manfaat bagi pembacanya. Banyak nilai-nilai kehidupan yang disajikan dalam cerita novel bagi pembacanya. Dengan membaca novel, secara tidak langsung pembaca akan mempelajari budaya suatu daerah atau negara. Nilai moral, nilai relegi, dan nilai sosial yang disampaikan pengarang dalam setiap penokohan di dalam novel bisa menambah pengalaman berharga bagi pembaca.  Khasanah pengetahuan pembaca akan dipertajam dan diperluas dengan membaca novel.
Dalam novel Robohnya Surau Kami karya A.A Navis menyampaikan sebuah Mutiara kehidupan yang sebaiknya manusia lalukan agar selalu menyeimbangkan antara apa yang akan manusia peroleh di akhirat nanti dengan kenyataan yangada di dunia saat ini. Berimanlah sekuat-kuatnya kepada Tuhan Yang Maha Esa tetapi jangalah melupakan kehidupanmu sekarang ini. Novel ini mengajarakan tentang nilai agama/ religi.
Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck mengupas mengenai nilai budaya yaitu sistem kekerabatan Matrilineal dalam masyarakat Minangkabau. Permasalahan tersebut digambarkan oleh Zainuddin sebagai tokoh utama yang tidak dapat menikahi Hayati karena dilatarbelakangi status sosial. Selanjutnya Laskar Pelangi dan 5 cm, selain sarat akan nilai moral dan sosial, pembaca juga diajak menikmati keindahan alam pulau Belitong yang terkenal dengan keindahan pantai pasir putih dan dinginnya gunung Semeru yang merupakan gunung para dewa di tanah Jawa. Lain halnya dengan novel Antara Kabut dan Tanah Basah, dalam novel ini pengarang ingin menonjolkan nilai estetika (keindahan) yang tertuang dengan penggunaan bahasa yang indah dan santun.
Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Novel masuk dalam materi sastra yang diajarkan di kelas XII. Implikasi luas dari novel dapat diajarkan di sekolah karena selain sebagai bahan bacaan yang menghibur, juga memberi manfaat bagi para pembacanya. Dan sebagai sebuah karya yang fiksional, novel menggambarkan realitas kehidupan manusia dari sudut pandang sastra. Walaupun demikian, kehidupan fiksional tersebut tidak akan lepas dari refleksi fakta-fakta sosial sehari-hari.
 
 
Nora Nur Hayati, S.Pd
Guru Bahasa Indonesia SMA Katolik St. Louis 2
 
 

Analisis Data Kuantitatif

Statistika adalah Ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan metode-metode ilmiah untuk pengumpulan, pengorganisasian, perangkuman dan penganalisisan data disamping terkait pula dengan metode-metode untuk penarikan kesimpulan yang valid serta pengambilan keputusan yang berdasarkan alasan-alasan yang ilmiah dan kuat (Schaum’s, Murray R Spiegel). Statistik hanya dibatasi pada “kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif)” saja, bahan keterangan yang tidak berwujud angka (data kualitatif) tidak lagi disebut statistik (Sudijono, Anas. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan.

Menurut sifatnya data statistika dibedakan menjadi dua yakni: data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang berbentuk label atau nama yang mendefinisikan suatu atribut atau elemen. Data bisa berupa numerik atau nonnumerik dengan skala pengukuran nominal atau ordinal. Contohnya nilai ulangan harian matematika diklasifikasikan dalam kelompok “rendah”, “sedang”, dan “tinggi”. Sedangkan data kuantitatif adalah data yang merujuk pada jumlahnya.

Data selalu berupa numerik dengan skala pengukuran interval dan rasio. Contoh data kuantitatif misalkan peringkat pertama memperoleh skor total 88, peringkat kedua memperoleh skor total 87, dan peringkat ketiga memperoleh skor total 69. Meskipun jarak skor peringkat pertama-kedua, dan peringkat kedua-ketiga sangat berbeda, namun urutan rangkingnya tetap rangking 1,2, dan 3. Angka dalam hal ini boleh berubah, namun urutan harus tetap sama.

Kata analisis berasal dari bahasa Yunani (greek), terdiri dari kata “ana” dan “lysis”. Ana berarti atas (above), lysis artinya memecahkan atau menghancurkan. Secara definitif ialah: analysis is a process of resolving data into it’s constituent components to reval it’s characteristic elements and structure.  Analisis adalah menguraikan data-data untuk diambil kesimpulan. Analisis data adalah proses mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja, seperti yang disarankan oleh data (Lexy J. Moleong (2000).

Analisis data kuantitaitf adalah adalah tentang menganalisis data berbasis angka (yang mencakup data kategorik dan numerik) menggunakan berbagai teknik statistik. Analisis data kuantitatif bertujuan untuk menyederhanakan data dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterpretasikan. Dalam menganalisa data kuantitatif hendaknya konsisten dengan paradigma, teori, dan metode yang dipakai dalam penelitian. Dalam penelitian kuantitatif analisa data dilakukan secara kronologis, setelah data selesai dikumpulkan, biasanya diolah dan dianalisis berdasarkan metode analisis data yang telah ditetapkan dalam desain penelitian. Adapun teknik penelitian data yang sering digunakan seperti tes, angket, observasi, dan wawancara langsung.

Analisis data kuantitatif, dilakukan setelah data terkumpul dari hasil pengumpulan data. Kegiatan pendahuluan dalam analisis data kuantitatif adalah sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan Data
  2. Pemeriksaan data dilakukan bertujuan mengetahui apakah data yang telah terkumpul tersebut baik sehingga dapat dipersiapkan untuk tahap analisis berikutnya. Pemeriksaan data menjadi bagian yang sangat penting, agar informasi yang disajikan pada kuesioner jelas, terang, mudah dibaca, relevan dan tepat, sehingga diharapkan diharapkan peneliti dapat meningkatkan kualitas data yang hendak diolah dan dianalisis. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pemeriksaan data adalah 1) lengkapnya pengisian jawaban, 2) kejelasan tulisan, 3) Kejelasan makna jawaban, 4) Konsistensi kesesuaian antar jawaban, 5) Relevansi jawaban dan 6) Keseragaman kesatuan data.
  3. Pembuatan coding

Coding dilakukan sebagai usaha untuk menyederhanakan data, yaitu dengan memberi simbol angka pada tiap-tiap jawaban. Pada pertanyaan tertutup kode sudah bisa ditetapkan sejak pertanyaan dan jawaban tersusun, sedangkan pada pertanyaan terbuka peneliti harus terlebih dahulu membuat kategori, setelah itu masing-masing kategori jawaban diberi simbol atau kode

  • Tabulasi

Setelah melakukan kode hasilnya disajikan dalam bentuk yang lebih ringkas dan mudah dilihat. Menuliskan kode secara sistematis bertujuan memudahkan pengamatan dan memperoleh gambaran analisisnya. Dari tabulasi data ini analisis data sederhana dapat dilakukan.

  • Mendeskripsikan data penelitian

Mendeskripsikan data penelitian adalah menggambarkan data yang ada guna memperoleh bentuk nyata dari responden, sehingga lebih mudah dimengerti peneliti atau orang lain yang tertarik dengan hasil penelitian yang dilakukan. Jika data berbentuk kuantitatif atau ditransfer dengan angka, maka cara mendeskripsi data yang dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Tujuan dilakukan analisis deskriptif dengan menggunakan statistik adalah untuk meringkas data agar menjadi lebih mudah dilihat dan dimengerti.

Pada dasarnya teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik. Terdapat beberapa macam statistik yang digunakan untuk analisis data dalam penelitian yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskritif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generelisasi.

Dalam statistik deskriptif antara lain adalah penyajian data melaui tabel, grafik, diagram lingkaran, pictogram, perhitungan mean, median, modus, perhitungan penyebaran data melalui perhitungan rata-rata, standar deviasi, dan prosentase. Statistik deskriptif dapat digunakan bila peneliti hanya ingin mendeskripsikan data sampel, dan tidak ingin membuat kesimpulan yang berlaku untuk popualsi dimana sampel diambil. Sebaliknya, jika peneliti ingin membuat kesimpulan yang berlaku untuk populasi, maka teknik analisis yang digunakan adalah statistik inferensial. Statistik inferensial (sering juga disebut statistik induktif atau statistik probabilitas), adalah teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya yang diberlakukan untuk populasi.

Statistik ini akan cocok digunakan bila sampel diambil dari populasi yang jelas, dan teknik pengambilan sampel dari populasi itu dilakukan secara random. Statistik ini disebut statistik probabilitas, karena kesimpulan yang diberlakukan untuk populasi berdasarkan data sampel bersifat peluang (probability). Suatu kesimpulan dari data sampel yang diberlakukan untuk popolasi mempunyai peluang kesalahan dan kebenaran kepercayaan yang dinyatakan dalam bentuk prosentase.

Sumber:

Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif  Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.2015.

Afdhalilahi, Teknik Analisis Data Kuantitatif.2017. (www.afdhalilahi.com).

Bernadus Widodo, S.Pd

Guru Matematika SMA Katolik St. Louis 2

Tips Sehat di masa Pandemi Covid-19

Hampir 1,5 tahun Indonesia berjuang melawan pandemi Covid-19. Virus berukuran 0,125 mikrometer ini mampu meresahkan masyarakat Indonesia dan dunia. Bahkan, second wave serangan Covid-19 minggu terakhir bulan Mei semakin mempercepat lonjakan kasus terinfeksi Covid-19 mencapai 3,6 juta lebih di wilayah Indonesia.

Hingga saat ini kasus angka positif Covid-19 masih bertambah. Masyarakat selalu diperingatkan oleh pemerintah untuk melaksanakan protokol kesehatan, karena hal tersebut menjadi kebutuhan kita semua. Tentu saja bukan hal yang mudah untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Diperlukan partisipasi aktif dari seluruh rakyat Indonesia untuk menangkal serangan virus ini.

Selain menerapkan protokol kesehatan 5M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas, kita perlu meningkatkan imunitas tubuh. Imunitas tubuh adalah sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit dan gangguan yang dapat merusak tubuh. Tubuh manusia memiliki sistem pertahanan yaitu sistem yang menjaga agar tubuh tidak terserang infeksi virus dan bakteri.  

Dalam kondisi yang prima, imun tubuh mampu melawan berbagai infeksi patogen seperti virus, bakteri, dan parasit. Jika kondisi tubuh menurun akibat kelelahan atau stres, imun tubuh juga akan melemah. Efeknya, tubuh bisa mudah terserang penyakit yang diakibatkan oleh virus atau gangguan faktor lainnya. Salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh adalah menerapkan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi, perilaku kita sehari-hari, dan rutinitas olahraga. Tujuan pola hidup sehat adalah meningkatkan daya tahan tubuh, agar tidak mudah sakit, dan juga bisa menjaga kesehatan mental supaya tidak mudah depresi ataupun stres terutama di masa pandemi ini.

Pola Makan Sehat

  • Menambah asupan protein

Pola makan yang dianjurkan yang pertama adalah menambah asupan protein. Protein berperan sebagai salah satu pondasi utama tubuh untuk membentuk otot, kulit, hormon, dan hampir semua sel dan jaringan pada sistem organ tubuh. Selain itu, sumber makanan berprotein tinggi juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena makanan berprotein tinggi dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga massa otot dan pembakaran lemak bertambah, serta membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, bukan hanya menurunkan berat badan, tetapi juga dapat menjaga berat badan ideal.

Kebutuhan harian akan protein yang direkomendasikan adalah sekitar 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria. Adapun sumber makanan yang mengandung protein antara lain telur, daging tanpa lemak, oatmeal, susu, brokoli, kacang lentil, dan beberapa makanan laut seperti ikan dan udang.

  • Konsumsi lemak baik

Pola makan kedua adalah mengonsumsi lemak sehat. Ada dua jenis lemak yang baik untuk tubuh yaitu lemak yang disebut lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda seperti asam lemak omega-3. Menurut penelitian, kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) darah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Asupan harian lemak sehat yang direkomendasikan yakni antara 44 – 77 gram per hari. Adapun sumber makanan yang mengandung lemak baik antara lain alpukat, kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete, minyak sayur seperti minyak zaitun dan minyak canola, selai kacang, ikan salmon, tahu, dan kacang kedelai.

  • Pilih karbohidrat kompleks

Selain protein dan lemak sehat, yang perlu dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks. Ada dua jenis karbohidrat, yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Dari keduanya, yang disarankan untuk dikonsumsi adalah karbohidrat komplek. Seperti halnya protein, karbohidrat kompleks merupakan sumber energi untuk tubuh.

Dalam karbohidrat kompleks juga terkandung vitamin, mineral dan serat. Nasi, pasta, roti, kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, wortel, apel, dan pisang adalah contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan tubuh.

  • Konsumsi Vitamin

Mengkonsumsi vitamin secara rutin dan cukup akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan metabolisme tubuh. Baik itu vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E maupun vitamin K. Baik buah-buahan maupun sayuran berwarna banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.

  • Menambahkan yoghurt saat mengonsumsi buah

Yoghurt mengandung protein hewani, kalsium, kalium, zinc, vitamin B2, B12, dan magnesium. Yoghurt juga kaya akan bakteri baik (probiotik) yang diduga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyehatkan pencernaan. Yoghurt mampu mengatasi diare pada anak-anak, dan memperlancar percernaan. Hindari yoghurt yang mengandung pemanis tinggi dan pilihlah yoghurt yang kaya kandungan vitamin D-nya.

  • Makanan berserat

Serat sangat baik untuk memelihara kesehatan pencernaan terutama usus. Beberapa jenis serat juga dapat mendukung program penurunan berat badan, menurunkan gula darah, dan memerangi konstipasi. Asupan harian serat yang direkomendasikan adalah 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria.

Beberapa contoh makanan yang mengandung serat tinggi antara lain buah pir, storberi, apel, pisang, buah bit, brokoli, lentil, sereal, bubur gandum, popcorn, kacang almond, biji chia, dan ubi manis.

  • Makanan yang perlu dihindari

Disarankan untuk tidak terlalu banyak dan terlalu sering mengonsumsi daging olahan seperti hot dog, daging asap, sosis; kopi yang dicampur gula; margarin; kue atau camilan kemasan, makanan kaleng; atau sereal yang ditambah gula. Mengapa? Karena makanan tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), diabetes, dan penyakit ginjal.

Rutinitas Olahraga

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lain adalah dengan berolahraga secara rutin. Aktifitas ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan, seperti mencegah obesitas, melindungi diri dari risiko penyakit kardiovaskular, dan menekan risiko osteoporosis (keropos tulang). Olahraga dapat merangsang kerja antibodi dan sel-sel darah putih, yaitu sel kekebalan tubuh yang berfungsi melawan berbagai kuman penyebab penyakit. Berkat olahraga, sel darah putih dapat bersirkulasi lebih lancar sehingga lebih cepat mendeteksi keberadaan penyakit.

Manfaat lain berolahraga adalah membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan. Ini yang membuat orang yang rajin berolahraga tidak mudah terkena flu atau penyakit pernapasan lainnya. Selain itu, rajin berolahraga berdampak positif bagi kesehatan mental karena olahraga terbukti dapat meringankan stres, memperbaiki suasana hati, meningkatkan rasa percaya diri, hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Sediakan waktu untuk berolahraga setidaknya 2 hari sekali masing-masing selama minimal 30 menit.

Saat melakukan aktivitas olahraga secara rutin, pilihlah aktivitas yang disukai. Berikut aktivitas fisik yang dapat dilakukan :

  • Jalan kaki

Mulailah dengan jalan kaki setiap hari 20 sampai 30 menit setiap hari. Jalan kaki merupakan olahraga paling mudah dilakukan. Bisa dimulai dengan langkah mudah, misalnya jalan kaki saat pergi ke kantor, mengajak anjing jalan-jalan di taman, mengobrol bareng teman sambil jalan kaki terutama di pagi hari.

  • Jogging

Jogging bersama teman atau keluarga juga akan meningkatkan kapasitas paru kita. Hal inijuga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot jantung.

  • Bersepeda

Hampir semua kalangan menyukai aktivitas ini. Bersepeda merupakan cara menyenangkan untuk berolahraga dan berkelana ke manapun. Di samping itu, kita juga lebih rileks menikmati sepanjang perjalanan. Ajak keluarga untuk jalan-jalan sambil bersepeda bisa menjadi cara seru untuk menghabiskan waktu dan berolahraga bersama.

  • Latihan kekuatan otot

Tidak harus pergi ke gym saat ingin melatih kekuatan otot. Kita bisa melakukannya di rumah, misalnya gerakan push up. Manfaatkanlah benda-benda di sekitar rumah untuk berolahraga, misalnya mengangkat botol berisi air sebagai latihan angkat beban, sambil duduk di bangku dapur. Latihan sederhana ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot.

  • Senam

Ada banyak latihan senam aerobik maupun zumba yang bisa ditonton di video online. Pilih video yang dipimpin instruktur profesional dan ikuti gerakannya. Agar suasana kian meriah, ajak anggota keluarga untuk melakukannya bersama.

            Dengan mengatur pola makan sehat serta melakukan aktivitas fisik secara rutin pasti meningkatkan daya tahan tubuh kita. Dan jangan lupa untuk beristirahat. Tidur setidaknya 9-10 jam per hari membantu mempercepat proses pemulihan. Selamat mencoba.

Beners Henly

Guru PJOK SMA Katolik St. Louis 2

Penulisan tahun ’05 pada Teks Proklamasi

Salam Merdeka…Merdeka…Merdeka.

Hallo Gaes, apakah ada yang tahu tentang penulisan tanggal pada Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia? Ternyata penulisan tahun 1945, ditulis tahun ‘05 lho. Hmm…kira-kira alasan kok ditulis seperti itu kenapa ya?

Yukk, kita simak cerita tentang Proklamasi Kemerdekaan RI.

Berawal dari 6 Agustus 1945, sebuah bom atom dijatuhkan di Hiroshima, Jepang oleh Amerika Serikat. Lalu disusul pada 9 Agustus 1945 bom atom kedua dijatuhkan kota Nagasaki yang menyebabkan Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya. 

Nah…momen ini pun dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya

Soekarno dan Moch.Hatta selaku pimpinan PPKI serta Radjiman Wedyodiningrat sebagai mantan ketua BPUPKI diterbangkan ke Dalat Vietnam untuk bertemu Marsekal Terauchi. Mereka diberi kabar bahwa pasukan Jepang sedang di ambang kekalahan dan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia

Sementara itu, di Indonesia pada tanggal 10 Agustus 1945, Sutan Syahrir telah mendengar berita lewat radio bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu. Para pejuang bawah tanah bersiap-siap memproklamasikan kemerdekaan RI dan menolak bentuk kemerdekaan yang diberikan sebagai hadiah Jepang.

12 Agustus 1945, Jepang melalui Marsekal Terauchi di Dalat, Vietnam, mengatakan kepada Soekarno, Hatta, dan Radjiman bahwa pemerintah Jepang akan segera memberikan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1945 dilaksanakan dalam beberapa hari, berdasarkan tim PPKI. Setelah Jepang secara resmi menyerah kepada Sekutu pada 14 Agustus 1945 di kapal USS Missouri.

Ketika itu tentara dan angkatan laut Jepang masih berkuasa di Indonesia karena Jepang berjanji akan mengembalikan kekuasaan Indonesia ke tangan Sekutu.  Sutan Sjahrir, Wikana, Darwis, dan Chaerul Saleh mendengar kabar ini melalui radio BBC. Setelah mendengar desas-desus Jepang bakal bertekuk lutut, golongan muda mendesak golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Namun golongan tua tidak ingin terburu-buru. Mereka tidak menginginkan terjadinya pertumpahan darah pada saat proklamasi.

Konsultasi pun dilakukan dalam bentuk rapat PPKI. Golongan muda tidak menyetujui rapat itu, mengingat PPKI adalah sebuah badan yang dibentuk oleh Jepang. Mereka menginginkan kemerdekaan atas usaha bangsa kita sendiri, bukan pemberian Jepang.

Para pemuda pejuang, termasuk Chaerul SalehSukarni, dan Wikana terbakar gelora kepahlawanannya setelah berdiskusi dengan Ibrahim gelar Datuk Tan Malaka tergabung dalam gerakan bawah tanah kehilangan kesabaran. Pada dini hari, 16 Agustus 1945, mereka bersama Shodanco Singgih, salah seorang anggota PETA, dan pemuda lain, membawa Soekarno (bersama Fatmawati dan Guntur yang baru berusia 9 bulan) serta Hatta, ke Rengasdengklok, yang kemudian terkenal sebagai peristiwa Rengasdengklok. Tujuannya adalah agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang.

Singkat cerita akhirnya Sukarno-Hatta dijemput dari Rengasdengklok menuju rumah Laksamana Maeda (kini Jalan Imam Bonjol No. 1) untuk menyiapkan teks Proklamasi. Penyusunan teks Proklamasi dilakukan oleh Soekarno, Mohammad Hatta, dan Achmad Soebardjo serta disaksikan oleh SoekarniB.M. Diah, Sudiro, dan Sayuti Melik. Setelah konsep selesai disepakati, Sayuti menyalin dan mengetik naskah tersebut.  

Awalnya pembacaan proklamasi akan dilakukan di Lapangan Ikada, namun berhubung alasan keamanan dipindahkan ke kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 (sekarang Jalan Proklamasi no. 1). Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi pukul 10.00 atau dalam penanggalan Jepang tanggal 17 Agustus 2605. Teks proklamasi dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Kemudian bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan.

Hari Kemerdekaan Indonesia jatuh pada tahun 1945, namun mengapa yang tertulis pada teks Proklamasi adalah tahun 05, ya? Nah, ternyata penulisan tahun ’05 yang tertera di teks proklamasi merupakan singkatan dari angka 2605 pada tahun penanggalan di zaman pemerintahan Jepang yang berlaku ketika itu.

Dari fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 (tahun Masehi) atau tanggal 17 Agustus 2605 (menurut tahun Jepang)

            Hidup di masa penjajahan, kemerdekaan, pasca merdeka tidaklah mudah. Segala gerak gerik pribumi selalu diawasi dan dianaktirikan oleh penjajah. Dalam mengenyam pendidikan misalnya, pribumi selalu berada di golongan terbawah kecuali pribumi yang mempunyai darah biru. Hanya para bangsawan saja yang bisa menikmati pendidikan sampai jenjang yang tinggi. Bersyukurlah kita yang hidup di masa sekarang, bisa berkarya, mengeyam pendidikan sampai yang kita inginkan. Segalanya juga serba mudah di era digital. Maka dari itu, sebagai penerus bangsa ayo kita isi kemerdekan ini dengan belajar dan berkarya. Pengalaman masa lalu kita jadikan motivasi untuk menjujung harkat dan martabat bangsa kita. Jayalah selalu Indonesia. Terbanglah, laksana garuda.

Ika Kristianingsih, S.Pd

Guru Sejarah SMA Katolik St. Louis 2